Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Peer mentoring terhadap Nilai Ujian Praktikum Anatomi

Authors

  • Mega Pandu Arfiyanti Medical Education Development Unit, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Andra Novitasari Medical Education Development Unit, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Zulfa J. Adani Program Studi Pedidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23886/ejki.11.93.40

Keywords:

peer mentoring, praktikum anatomi, persepsi

Abstract

Anatomi sebagai ilmu dasar yang penting untuk dikuasai oleh mahasiswa kedokteran masih dianggap sebagai materi yang berat, menakutkan serta sulit dipahami bagi mahasiswa kedokteran tahun pertama. salah satu faktor yang mempengaruhi adalah metode belajar yang kurang interaktif. Metode pembelajaran aktif yang sudah diterapkan adalah peer mentoring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa tentang  Peer mentoring terhadap Nilai Ujian Praktikum Anatomi. Metode penelitian ini adalah observational analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel adalah mahasiswa yang sedang mengikuti praktikum anatomi, sampel diambil dengan tehnik total sampling. Data yang digunakan adalah nilai ujian praktikum anatomi dan data persepsi peer mentoring diambil menggunakan kuesioner  Clinical Teaching Preference Questionnaire (CTPQ). Data dianalisis meggunakan uji korelasi pearson. Hasil analisis data korelasi pearson didapatkan p = 0.185. kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang peer mentoring dan nilai ujian praktikum anatomi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-05-31

How to Cite

Arfiyanti, M. P., Novitasari, A., & Adani, Z. J. (2023). Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Peer mentoring terhadap Nilai Ujian Praktikum Anatomi. EJournal Kedokteran Indonesia, 11(1), 40. https://doi.org/10.23886/ejki.11.93.40

Issue

Section

Research Article