Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Peer mentoring terhadap Nilai Ujian Praktikum Anatomi
DOI:
https://doi.org/10.23886/ejki.11.93.40Keywords:
peer mentoring, praktikum anatomi, persepsiAbstract
Anatomi sebagai ilmu dasar yang penting untuk dikuasai oleh mahasiswa kedokteran masih dianggap sebagai materi yang berat, menakutkan serta sulit dipahami bagi mahasiswa kedokteran tahun pertama. salah satu faktor yang mempengaruhi adalah metode belajar yang kurang interaktif. Metode pembelajaran aktif yang sudah diterapkan adalah peer mentoring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa tentang Peer mentoring terhadap Nilai Ujian Praktikum Anatomi. Metode penelitian ini adalah observational analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel adalah mahasiswa yang sedang mengikuti praktikum anatomi, sampel diambil dengan tehnik total sampling. Data yang digunakan adalah nilai ujian praktikum anatomi dan data persepsi peer mentoring diambil menggunakan kuesioner Clinical Teaching Preference Questionnaire (CTPQ). Data dianalisis meggunakan uji korelasi pearson. Hasil analisis data korelasi pearson didapatkan p = 0.185. kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang peer mentoring dan nilai ujian praktikum anatomi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 mega pandu arfiyanti arfiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.