Hubungan Locus of Control dengan Academic Burnout pada Mahasiswa Tahap Akhir Studi S1 Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang

Authors

  • Nisrina Hasyima Sabda Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Andra Novitasari Departemen Ilmu Pendidikan Kedokteran, Universitas Muhammadiyah, Semarang, Indonesia
  • Mega Pandu Arfiyanti Departemen Ilmu Pendidikan Kedokteran, Universitas Muhammadiyah, Semarang, Indonesia
  • Romadhoni Romadhoni Departemen Ilmu Pendidikan Kedokteran, Universitas Muhammadiyah, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23886/ejki.12.636.175

Keywords:

locus of control, academic burnout

Abstract

Stres akademik seringi dialami mahasiswa tahap akhir studi. Stres berlebihan dan berkepanjangan karena tuntutan yang menguras emosi dan fisik secara terus menerus menyebabkan mahasiswa mengalami kelelahan emosional, fisik, dan mental yang menimbulkan academic burnout. Academic burnout adalah perasaan putus asa dan tidak berdaya akibat stres  berlarut-larut yang berkaitan dengan proses belajar. Faktor yang memengaruhi academic burnout salah satunya  adalah locus of control yaitu persepsi individu mengenai sebab utama suatu kejadian dalam hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara locus of control dan academic burnout pada mahasiswa tahap akhir studi program studi S1 Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Penelitian ini menggunakan desain potong lintang. Partisipan adalah mahasiswa tingkat akhir program Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang tahun 2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Kuesioner locus of control dan kuesioner Maslach Burnout Inventory - Student Survey digunakan untuk pengumpulan data kemudian dianalisis dengan uji chi-square. Jumlah partisipan adalah 125 responden; mayoritas memiliki locus of control eksternal (68 responden, 54,4%) dan tingkat academic burnout kategori sedang 123 responden (98,4%). Tidak terdapat hubungan antara locus of control dengan academic burnout (p=0,362). Locus of control penting untuk mengontrol dan memotivasi diri untuk menurunkan tingkat academic burnout.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-09-11

How to Cite

Nisrina Hasyima Sabda, Novitasari, A., Arfiyanti, M. P. ., & Romadhoni, R. (2024). Hubungan Locus of Control dengan Academic Burnout pada Mahasiswa Tahap Akhir Studi S1 Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. EJournal Kedokteran Indonesia, 12(2), 175. https://doi.org/10.23886/ejki.12.636.175
Received 2023-11-23
Accepted 2024-07-16
Published 2024-09-11