Hubungan Pemanfaatan E-Learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang
DOI:
https://doi.org/10.23886/ejki.11.364.28-32Keywords:
e-learning, motivasi belajar, mahasiswa kedokteranAbstract
Motivasi belajar mahasiswa bersifat dinamis atau dapat berubah setiap waktu. Penurunan motivasi belajar akan berdampak terhadap prestasi akademik dan meningkatkan risiko dropout pada mahasiswa. Mahasiswa telah menjadi pemakai internet terbesar dan e-learning memiliki peluang yang besar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2022 dengan menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan analitik observasional dan pendekatan cross sectional. Sampel adalah mahasiswa tahum kedua dam ketiga Fakultas Kedokteran Universitas Miuhammadiyah Semarang. Sampel dipilih menggunakan total sampling dengan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi. Analisis data dilakukan dengan Rank Spearman. Responden memiliki pemanfaatan e-learning baik (51,9%) dan motivasi belajar tinggi (90,7%) serta terdapat hubungan yang signifikan dan korelasi positif antara Pemanfaatan e-learning terhadap motivasi belajar dengan kekuatan korelasi kuat (uji Rank Spearman,p = 0,000 dan r = 0,730). Pemanfaatan E-learning berhubungan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurfiyan W.U.U. Said, Andra Novitasari, Mega P. Arfiyanti, Romadhoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.