Pelatihan Kepemimpinan dalam Pengembangan Kualitas Personal Mahasiswa Kedokteran: Penilaian Fasilitator
DOI:
https://doi.org/10.23886/ejki.12.340.10Keywords:
pelatihan kepemimpinan, kompetensi kepemimpinan, kualitas personalAbstract
Mahasiswa kedokteran perlu mengembangkan kompetensi kepemimpinan untuk dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Dampak pelatihan kepemimpinan sulit untuk dievaluasi karena lebih fokus pada peningkatan kemampuan secara kognitif. Penilaian beberapa perspektif merupakan salah satu cara untuk mengetahui dampak pelatihan kepemimpinan pada mahasiswa kedokteran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh pelatihan kepemimpinan dalam mengembangkan kualitas personal mahasiswa kedokteran berdasarkan penilaian fasilitator. Penelitian deskriptif kualitatif ini berdasarkan penilaian empat fasilitator dalam pelatihan kepemimpinan daring. Pelatihan kepemimpinan didesain menggunakan domain demonstrasi kualitas personal dari Medical Leadership Competency Framework (mawas diri, manajemen diri, pengembangan diri berkelanjutan, dan integritas). Pelatihan dilaksanakan selama 15 hari yang terdiri atas sesi workshop dan student project. Setiap fasilitator memfasilitasi 8-10 orang mahasiswa dan mengisi tiga penilaian selama observasi pembuatan student project. Sebanyak 12 dokumen dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian mendapatkan 19 sub- tema berdasarkan elemen demonstrasi kualitas personal. Setiap subtema menggambarkan perkembangan kualitas personal mahasiswa saat mengikuti pelatihan kepemimpinan. Institusi perlu memfasilitasi pengembangan kepemimpinan mahasiswa secara berkelanjutan melalui aktivitas intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Wayan Diana Ekayani, Rima Kusuma Ningrum, I Made Pariartha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Accepted 2024-04-30
Published 2024-05-14